Senin, 08 Desember 2008

MACAM-MACAM METODE MEMBACA

1.SQ3R
Survey-Question-Read-Recite-Review
2.SQ4R
Survey-Question-Read-Recite-Rite-Review
3.POINT
Purpose-Overview-Interpret-Note-Test
4.OK4R
Overview Key-Ideas-Read-Summarize-Test
5.PQRST
Preview-Question-Read-Summarize-Test
6.RSVT
Review-Study-Verbalize-Preview
7.EARTH
Explore-Ask-Read-Tell-Harvest
8.OARWET
Overview-Ask-Read-Evaluate-Test
9.PANORAMA
Purpose-Adaptability-Need-to-Question-Overview-Read-Annotate-Memorize-Access




1. SQ3R

Dari berbagai macam teknik diatas, ke semuanya memiliki kesamaan mengajarkan pada kita untuk menemukan ide pokok dan detail informasi lainnya untuk mendukung ide pokok tersebut. Namun yang sering dipakai adalah SQ3R.
Berikut detail mengenai SQ3R
<=>Survey
Melakukan survey terhadap bacaan yang akan kita baca membantu kita untuk mendapatkan lebih isi dari bacaan serta memudahkan kita mendapatkan maksud dari informasi yang akan kita baca. Survey akan menolong kita mendapat gambaran awal tentang suatu buku yang akan kita baca, Survey bisa dilakukan dengan menelurusi daftar isi, kata pengantar, bab, indeks, gambar, tentang pengarang, dan lainnya. Lakukan survey dengan cara cepat, santai namun rekam hal-hal penting secara global seperti tema, ide pokok, tujuan dari buku ditulis, dan lainnya.
<=>Question
Ketika kita melakukan survey, maka buatlah sebanyak-banyaknya pertanyaan mengenai bacaan yang akan kita baca. Pertanyaan bisa dibuat dengan menanyakan judul bacaan, atau daftar isi, sub judul dan pertanyaan lainnya yang lebih berkembang. Pertanyaan bisa memakai kata tanya MENGAPA, SIAPA, APA, DIMANA, BAGAIMANA dan lainnya. Misalnya kamu menemukan judul buku "Cara Belajar Cepat Abad XXI". Judul ini bisa kamu ubah menjadi "Bagaimana Cara Belajar Cepat Abad XXI?" atau "Mengapa Abad XXI Membutuhkan Cara Belajar Cepat Sekarang Ini?", "Apa yang terjadi bila kita tidak belajar cepat sekarang ini?". Usahakan membuat pertanyaan-pertanyaan ini tidak sekedar judul saja, tapi buatlah juga untuk sub judul. Untuk itu bisa dilakukan ketika mensurvey daftar isi.
<=>Read
Mulailah membaca dengan menyimpan banyak pertanyaan yang kamu buat sebelumnya. Ini akan membuat kita lebih antusias lagi dalam membaca. Pertanyaan-pertanyaan yang belum terjawab membuat pembaca akan bersemangat untuk menemukan banyak hal dari buku/bacaan yang ia baca. Pada masing-masing bab, cobalah untuk mencari masing-masing jawaban dari pertanyaan yang telah dibuat dalam pikiran kita. Ada beberapa saran ketika kita membaca:
1. Usahakan melatih kebiasaan yang tidak efektif dalam membaca seperti bersuara,
menggerakkan kepala, membaca ulang kalimat? atau kata-kata yang tidak terlalu penting.
2. Ada yang menyarankan untuk tidak memberi catatan untuk kata atau kalimat yang tidak kita
pahami. Namun berilah suatu tanda, misalnya untuk kata-kata atau kalimat yang tidak
dipahami berilah tanda tanya (?), untuk ketidak setujuan pada isi kalimat berilah tanda (X)
atau tanda check (v) untuk hal-hal yang kita setujui. Atau tanda arah (-->) untuk paragraf
atau kata atau kalimat yang harus kita tinjau ulang, serta tanda peti ("...") sebagai
isyarat/kalimat kunci.
<=>Recite
Setiap membaca beberapa judul atau sub judul, usahakan ada jeda atau istirahat sebentar. Hal ini berfungsi untuk memberi kesempatan pada otak kita untuk mencerna apa-apa saja yang telah dipahami. Gunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat. Adakah kita menemukan jawaban atau beberapa petunjuk lain. Pengetahuan baru apa yang kita dapatkan setelah proses membaca. Dan ternyata untuk proses ini dibutuhkan waktu yang cukup. Renungkanlah apa-apa yang telah kamu baca. Misalnya diperjalanan, waktu mau tidur, waktu luang kamu dan lain-lain. Jangan ragu untuk selalu mengaktifkan otak kita untuk selalu berpikir.
<=>Review
Langkah terakhir adalah me-review apa-apa saja yang telah kita baca. Begitu banyaknya informasi yang datang ke kita setiap harinya, membuat informasi yang lama akan cenderung mudah dilupakan. Dan informasi yang baru justru akan lebih mudah diingat. Untuk itulah perlu dilakukan review setelah kita membaca, terutama bila kita membaca sebuah buku yang sarat akan informasi ilmiah dan membutuhkan pemahaman secara mendalam. Melakukan review bukan berarti kita membaca ulang seluruh isi buku, namun kita menelusuri kembali secara global judul-judul, sub judul, kata-kata kunci dan hal-hal yang sudah kita tandai pada waktu kita membaca buku. Dengan melakukan review akan sangat menolong kita dalam meningkatkan daya ingat serta menemukan hal-hal penting dari bacaan yang telah kita baca. Selain itu, hal ini akan menambah keyakinan kita bahwa dengan membaca dapat memberikan manfaat yang sangat besar, salah satunya adalah pengetahuan baru yang kita simpan dalam otak kita.

SQ3R, yaitu Survey (melakukan peme-
riksaan secara umum), Question (meng-ajukan pertanyaan-pertanyaan pokok: apa, mengapa, bagaimana, dst), Read (melakukan pembacaan), Recite (menceritakan pokok-pokok yang dibaca de-ngan bahasa sendiri) dan Review (meng-ulangi saripati teks bacaan yang dibaca).
· SQ4R, Survey, Question, Read, Recite,
“Rite” (dari write, menuliskan pokok-pokok penting yang perlu diingat), Review.
· POINT, yaitu Purpose (mencari tahu
dahulu apa maksud penulis dengan tulisannya), Overview (melakukan peninjauan tulisan secara umum, dengan jalan membacanya), Interpret (menganalisa dan menafsirkan pesan dalam tulisan), Note (mencatat hal-hal yang penting dalam tulisan), Test (menguji apakah si pembaca sudah menguasai isi tulisan dengan jalan menjawab beberapa per-tanyaan penting berkaitan dengan isi tulisan).
· PQRST, Preview (melakukan peninjauan
umum), Question, Read, Summarize (meringkas isi tulisan), Test.
· Kita bisa memilih dan mengembangkan strategi yang dikemukakan di atas. Sebagai latihan, baca dan pahamilah teks bacaan berikut ini (dikopi dari Suara Pembaharuan, 25 November 1999) dengan menggunakan strategi/teknik PQRST.

2. SQ4R
Adalah pengembangan SQ3R, ditambah Rite ( pemberian contoh )
SQ4R, Survey, Question, Read, Recite,
“Rite” (dari write, menuliskan pokok-pokok penting yang perlu diingat), Review.

3. POINT

POINT, yaitu Purpose (mencari tahu
dahulu apa maksud penulis dengan tulisannya), Overview (melakukan peninjauan tulisan secara umum, dengan jalan membacanya), Interpret (menganalisa dan menafsirkan pesan dalam tulisan), Note (mencatat hal-hal yang penting dalam tulisan), Test (menguji apakah si pembaca sudah menguasai isi tulisan dengan jalan menjawab beberapa per-tanyaan penting berkaitan dengan isi tulisan).

PQRST
PQRST, Preview (melakukan peninjauan
umum), Question, Read, Summarize (meringkas isi tulisan), Test

10.RSVT
Review-Study-Verbalize (menyatakan secara lisan, mengungkapkan dengan kata-kata) -Preview
11.EARTH
Explore-Ask-Read-Tell-Harvest
12.OARWET
Overview-Ask-Read-Evaluate-Test
13.PANORAMA
Purpose-Adaptability-Need-to-Question-Overview-Read-Annotate-Memorize-Access


JANGAN DIBUAT SUSAH, KARENA SEBENARNYA HAMPIR SAMA ANTARA SATU METODE DENGAN METODE YANG LAIN, HANYA ISTILAHNYA SAJA YANG BERBEDA

Tidak ada komentar: